Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

M Yasir Anggota Komisi III DPRD Kota Jambi, Pedestrian Tak Sesuai RAB


Anggota DPRD Kota Jambi M Yasir yang duduk di Komisi III DPRD Kota Jambi mengomentari pengerjaan pedestrian di Jalan Soekarno Hatta yang bersumber dari dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), baru-baru ini ia dan Martua Muda Siregar, anggota DPRD lainnya kembali menemukan dugaan pengerjaan asal-asalan di titik lainnya.

Titik itu tak begitu jauh dari jarak sebelumnya. Yang membedakan, temuannya Selasa (10/8) lalu ini, terkait dugaan pengerjaan lantai kerja pedestrian yang tidak sesuai RAB.

Dari hasil tinjauannya ini, Yasir dan Martua Muda Siregar menemukan, pengerjaan pondasi drainase yang seharusnya lantai dasar dicor, malah tidak dicor. Ia melihat, besi pondasi diletakkan begitu saja di dalam lubang galian.

“Seharusnya, lantai dasar ini dicor atau disemen dulu. Baru dimasukkan anyaman besi dan kemudian dicor lagi. Ini malah langsung besi dimasukkan. Dugaan, tidak hanya di titik ini saja. Sebab yang lainnya sudah tertutup, sulit mengeceknya,” jelas Yasir.

Titik ini berada di depan gerai Alfamart Soekarno Hatta.  Yasir menduga, proyek ini tidak sesuai rencana anggaran biaya (RAB) yang disampaikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi.

Sedangkan RAB itu sendiri tidak diserahkan Dinas PUPR, sehingga tidak bisa dicek DPRD Kota Jambi lebih lanjut. Tak hanya itu, Yasir juga menyayangkan, para konsultan pengawas tidak hadir langsung di lapangan untuk mengecek dan memastikan kualitas pengerjaan.

“Ya jangan hanya kejar kuantitas saja, kualitasnya diabaikan. Proyek ini mahal loh. Kita juga pertanyakan, mana yang kemarin katanya dibongkar dan dicor ulang,” tanya politisi Fraksi Gerindra ini.

Yasir berharap, jangan sampai, pengerjaan yang bersumber dari dana pinjaman ini terkesan asal jadi. “Apalagi ini ukurannya saya lihat beda-beda. Ada yang kecil dan lebar. Pengawasnya juga ini, tidak melihat progresnya. Bagaimana mau kualitasnya bagus,” tukasnya.

Sementara itu, seorang pria yang mengaku sebagai kordinator regu pengerjaan di titik tersebut menimpali pernyataan M Yasir, bahwa diletakkannya anyaman besi itu lantaran ada kesalahan teknis. “Ini karena ada akar pohon pak makanya tidak lurus. Kesalahan teknis, nanti besinya diangkat lagi dan dicor,” timpalnya.

Posting Komentar untuk " M Yasir Anggota Komisi III DPRD Kota Jambi, Pedestrian Tak Sesuai RAB"